Berita

MES JAPAN mewacanakan Pengembangan MES Centre di Jepang

Chiba-Jepang. Bertempat di Cafe Halal Chiba Islamic Culture Centre (CICC), Nishi-Chiba, Chiba, Jepang, hari ini Jum’at 8 Maret 2019, dilakukan pertemuan antara Ketua MES Jepang, Joko Widodo, S.Si, M.Si. , beberapa pengurus serta simpatisan MES JAPAN dengan Mr. Norioki Matsumoto, salah satu tokoh pebisnis makanan halal di Jepang. Dalam pertemuan ini selain membahas tindak lanjut kesediaan Mr. Norioki Matsumoto untuk bergabung dengen MES JAPAN, juga membahas berbagai wacana termasuk wacana pengembangan MES JAPAN Centre.

Pengurus dan Simpatisan MES JAPAN, dari kiri ke kanan : Dr. Jamrud Aminuddin (Wakil Ketua MES Jepang), Mr. Norioki Matsumoto (Pebisnis Produk Makanan Halal di Jepang), Dr. Lyra, Joko Widodo, M.Si, (Ketua MES Jepang), serta Muhammad Rizky Aprilla Saputra

Sebagai pembuka acara, Ketua MES JAPAN Joko Widodo menjelaskan tentang keberadaan organisasi Perwakilan Wilayah Khusus MES di Jepang yang sudah dikukuhkan sejak tanggal 4 April 2018. Ketua MES JAPAN menjelaskan bahwa organisasi ini adalah organisasi asosiasi ekonomi syariah yang terbesar di Indonesia dan mempunyai cabang serta perwakilan khusus di berbagai negara. MES juga memiliki kader-kader terbaik di Indonesia, diantaranya adalah KH. Ma’ruf Amin, dan Dr. Sandiaga Uno yang saat ini sama-sama mengikuti konstetasi sebagai kandidat wakil presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Organisasi ini juga terbuka untuk berbagai lapisan masyarakat yang akan bergabung baik muslim maupun non muslim, termasuk warga Jepang untuk memperkuat organisasi MES di Jepang, di masa yang akan datang.

Mr. Noriaki Matsumoto menyambut gembira keberadaan organisasi MES di Jepang, dan menyatakan siap bergabung dan membantu mengembangkan organisasi ini di Jepang. Sebagai pelaku bisnis yang selama ini aktif menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan serta komunitas bisnis di Indonesia serta KADIN, tentunya keberadaan organisasi ini diharapkan akan semakin memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Jepang, terutama terkait bisnis-bisnis syariah.

Mr. Noriaki Matsumoto juga menjelaskan, saat ini Pemerintah Jepang, terutama Pemerintah Chiba Prefecture (Provinsi Chiba), sangat mendorong berbagai komunitas-komunitas muslim yang ada di Chiba untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan Mr. Noriaki Matsumoto San yakin, nantinya akan semakin banyak masyarakat Jepang yang berminat bergabung. Mr. Noriaki Matsumoto juga berjanji akan mengajak semua koleganya yang berminat untuk bergabung di organisasi MES Jepang, terutama yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Terkait dengan wacana pengembangan MES JAPAN Centre yang dilontarkan Ketua MES Jepang, Mr. Norioki Matsumoto memberikan masukan bahwa MES Center di Jepang sebaiknya merupakan bangunan yang terintegrasi dimana di dalamnya ada sarana ibadah, bidang-bidang usaha terkait ekonomi syariah seperti makanan halal, travel dan wisata halal di Jepang, ruang seminar, dan serta akomodasi halal bagi umat muslim yang akan berkunjung ke Jepang. Kegiatan-kegiatan seminar, diskusi dan symposium juga perlu diselenggarakan untuk mempromosikan ekonomi syariah di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *